Madu asli atau palsu

Posted on July 19, 2010. Filed under: Tips |


“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah” buatlah sarang-sarang di bukit-bukit dan di tempat-tempat yang dibuat manusia, kemudian makanlah dari tiap-tiap [macam] buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah memudahkan [bagimu] . Dari perut perut lebah itu keluar minuman [madu] yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan manusia. Sesunguhnya pada yang demikian terdapat tanda-tanda bagi orang yang memikirkan” [An Nahl ayat 68-69]

Allah telah menegaskan khasiat madu sebagai obat yang dapat menyembuhkan berbagi macam penyakit. Hasil penelitian dan pengalaman menunjuknan Allah dalam Al Qur’an. Namun yang terjadi persoalan , tidak mudah untuk mendapatkan madu yang benar-benar asli. Banyak pedangang nakal yang memalsukan madu sehingga khasiatnya sama sekali tidak terbukti. Berikut tips sederhana untuk menbedakan madu asli dan palsu :
1. Teteskan madu pada selembar kertas. Madu palsu akan mudah terserap kertas karena kandungan airnya tinggi.

2. Kocok dalam botol. Madu asli akan membetuk gas atau uap air jika di kocok.

3. Campur dengan telus ayam/bebek. Madu asli yang di aduk bersama telur akan membentuk gumpalan dan rasa akan berubah seperti sudah goreng.

4. Tuangkan kedalam wadah berisi air. Madu asli akan langsung jatuh kedasar wadah sedangkan madu palsu cenderung akan menyebar .

5. Teteskan madu dan air pada piring kaca putih maka maka sebelum madu itu bercampur air akan membentuk segi enam atau sarang. Goyangkan air ke kiri dan ke kanan, madu asli akan membentuk sarang lebih jelas sedangkan pada madu palsu bentuk sarang akan lebih pudar.

6. Madu asli tidak akan beku walaupun di simpan dalam freezer kulkas berbulan-bulan.

Sayangnya, saat ini banyak madu palsu yang menyerupai madu asli hingga cara-cara tersebut hanya sebai bahan pertimbangan saja. Tipsnya adalah dengan membeli madu di tempat yang sudah terpercaya dan mintalah garansi keaslianya. Bila terpaksa membeli di tempat lain, bandingkan apakah harganya tidak terlalu beda jauh dengan madu sejenis dari merk lain. Jika harganya sangat murah bisa jadi madu tersebut adalah madu buatan atau PALSU.
Sumber : buletin Baitul izzah

  • Recent Posts

  • Categories

  • Liked it here?
    Why not try sites on the blogroll...

    %d bloggers like this: